Age of Empires cursor.cur Cursor -->

Jumat, 13 April 2012

Mount And Blade (dasar-dasar permainan)

MOUNT AND BLADE (2008)



Mount and blade adalah game perang 3D kombinasi berkategori RPG, Petualangan, dan Strategi. Game ini dikembangkan oleh perusahaan game Turki bernama TaleWolrlds dan diterbitkan oleh Paradox Interactive
. Game ini akan menimbulkan sensasi zaman pertengahan yang sangat kental dan murni perang pada zaman itu, tanpa efek fantasi seperti sihir atau hewan fantasi lain. Di game ini ada 5 kerajaan yang dapat saling bermusuhan dan bersekutu, kamu bisa memilih nasib kamu sendiri di game ini karena game ini adalah sandbox game atau game yang tidak ada tamatnya kecuali keinginan dari pemain itu sendiri, kamu bisa menjadi tentara bayaran, bawahan salah satu kerajaan, pedagang, perampok, pengembara, pahlawan kesiangan (biasanya ngebantu petani dirampok), bahkan pengemis (orang merana di jalanan gara2 dirampok :p).

Gameplay

Saat kamu memulai game, akan ada banyak opsi yang harus diperhatikan seperi masa lampau, orang tua, pekerjaan, dan tujuan. Semua itu hanya untuk menambah atribut karaktermu seperti strength, agility, intellegent, dll bahkan item. Selain memilih opsi diatas kamu juga bisa memilih bentuk wajah karakter sesukamu.

Model 3D absolut pada game hanya berlaku pada saat memasuki desa/kota maupun berperang. Disaat bermain modelnya seperti di game2 strategi perang sprti crusader ato AOE yang dinamakan Worldmap (point and clicking)


Suasana di worldmap


Suasana saat berperang

Saat di worldmap juga sulit apalagi kalau masih level rendah, tak punya kuda, kere abis, pasukan cuma dikit..... Nasib dipalakin tuh! Banyak bandit berkeliaran terutama di wilayah2 respawn bandit tertentu. Selain itu pandangan juga terbatas, maka suatu party (grup) harus memiliki kemampuan spotting (meningkatkan jarak pandang), pathfinding (meningkatkan kecepatan), tracking (dapat mengetahui jejak/bekas party lain yg lewat di jalanan).

Pengembangan Karakter

Seperi kebanyakan game RPG, pasti tidak seru tanpa adanya xp dan level, disini juga ada sistem itu, bahkan salah satu yang terpenting.
Setiap kau naik level, akan ada kesempatan untuk meningkankan atribut, skill, dan weapon proficiency pada karakter.

Atribut adalah kemampuan dasar tiap karakter dan bercabang ke skill, berikut adalah atribut:

Strength (STR) : Atribut ini akan meningkatkan HP dan damage, setiap senjata berat juga membutuhkan strength yang tidak sedikit juga untuk memakainya seperti kapak, pedang, dan crossbow. Atribut ini sangat penting untuk jiwa petarung

Agility (AGI) : Atribut ini akan meningkatkan kecepatan serang 0.5%, menambah 5 tambahan poin weapon polifiences, dan mempercepat gerakan tubuh. Atribut ini sangat penting untuk strategi lari sambil menyerang.

Intelligence (INT) : Atribut ini memberikan 1 poin skill tambahan, meningkatkan jumlah batasan untuk kemampuan pengobatan, taktik, efek worldmap, dan engineer. Atribut ini sangat penting pada berbagai aspek.

Charisma (CHA) : Atribut ini memberikan tambahan 1 jumlah batasan maksimum pasukan dalam party, mempunyai karisma yang banyak akan membuat pasukanmu menjadi lebih besar. Atribut ini sangat penting , kalau cuma punya sedikit kamu tak bakal bisa menang lawan bandit.

Skill adalah kemampuan tambahan yang sangat penting bagi tiap karakter, berikut adalah skill :

Ada 3 tipe skill yaitu:
Personal Skill : Skill yang meningkatkan kemampuan individu dan tidak pengaruh pada party, biasanya berhubungan dengan strength/agility.
Party Skill : Skill yang mengefek pada party, biasanya pengobatan, engineer, dan bermacam strategi, biasanya berhubungan dgn intelligence.
Leader Skill : Skill yang hanya berlaku pada pemimpin party (sprti karaktermu), biasanya berhubungan dengan charisma.

Tipe-tipe skill:

Ironsflesh - Personal | Strength : Meningkatkan 2 HP
Pwr Strike - Personal | Strength : Meningkatkan serangan jarak dekat (terkadang senjata tertentu membutuhkan poin power tertentu)
Pwr Throw - Personal | Strike : Meningkatkan serangan lempar (terkadang senjata tertentu membutuhkan poin power tertentu)
Pwr Draw - Personal | Strength : Meningkatkan ketepatan dan serangan (terkadang senjata tertentu membutuhkan poin power tertentu)
Weapon Master - Personal | Agility : Menambah 40 poin utk weapon proficiency
Shield - Personal | Agility : Meningkatkan kekuatan dan kecepatan perisai
Athletics - Personal | Agility : Meningkatkan kelincahan/kecepatan berlari
Riding - Personal | Agility : Meningkatkan kelincahan saat berkuda (terkadang kuda tertentu membutuhkan poin riding tertentu)
Horse Archery - Personal | Agility : Meningkatkan ketepatan memanah saat berkuda
Looting - Party | Agility : Meningkatkan jumlah rampasan dan mengurangi delay waktu untuk merampok desa
Trainer - Party | Intelligence : Memudahkan pasukan di party mendapatkan xp lebih per hari
Tracking - Party | Intelligence : Dapat melihat bekas jejak party yang lewat di world map, semakin tinggi semakin jelas
Tactic - Party | Intelligence : Menambah Battle Advantage menjadi 2, Battle Advantage digunakan untuk mengatur berapa jumlah pasukan yang dikeluarkan saat perang
Path-Finding - Party | Intelligence : Meningkatkan 3% kecepatan di peta
Spotting - Party | Intelligence : Meningkatkan 10 % jarak pandang di peta
Inventory Management - Party | Intelligence : Menambah 3 kapasitas inventory
Wound Treatment - Party | Intelligence : Meningkatkan 20% kecepatan mengobati di peta
Surgery - Party | Intelligence : Meningkatkan kesempatan pasukan sendiri untuk sekarat (wounded) daripada mati
First Aid - Party | Intelligence : Karaktermu mendapat tambahan HP 5% seusai perang/sekarat
Engineer - Party | Intelligence : Mempercepat pembangunan mesing perang dan fasilitas kota/desa
Persuasion - Personal | Intelligence : Meningkatkan kesempatan orang lain untuk menyetujui pernyataanmu
Prisoner Management - Leader | Charisma : Menambah 5 kapasitas tahanan
Leadership - Leader | Charisma : Menambah 5 kapasitas pasukan, mengurangi jumlah tagihan pasukan bulanan 5%, dan meningkatkan 5 semangat (morale) pasukan
Trade - Party | Charisma : Mengurangi 5% pelanggaran dagang, dan mempermudah mencari info perdagangan di pasar kota

Pasukan

Ada banyak sumber-sumber pasukan, sperti :
- Rekrut di tiap-tiap desa (rekrutan akan sesuai dengan kebudayaan daerah setempat)
- Merekrut mercenary (pasukan bayaran) di tavern, namanya juga bayaran mesti 2X lipat lbh mahal
- Merekrut NPC di tavern, NPC adalah pasukan istimewa, seperti karaktermu dia kaga bisa mati (cuma sekarat) dan enaknya lagi itemnya bisa kita atur sendiri
- Nyelametin tahanan waktu menang perang (kalo musuhnya punya tahanan)
- Rekrut dari tahanan sendiri (hati2! mereka kadang minggat sendiri klo malam dan klo ngrekrut morale pasukan bisa anjlok)

Game Indie

Seperti game indie biasanya yang bisa untuk diedit-edit, ini juga bisa, malah lebih cenderung pada mod/module. Untuk mengedit game M&B juga dibutuhkan kemampuan khusus untuk menguasai bahasa skrip game, terutama kode Python
. Tetapi jangan khawatir, karena di website INI bisa dicari alat-alat bantu untuk mengedit skrip, grafik, sampai map. Disini ane cuma akan memberi info tentang basic-basicnya.

1. Sistem game, sistem game adalah skrip yang hanya bisa dibaca oleh aplikasi Python (sampai sekarang ane masih kaga nguasain python). Di sistem game biasanya filenya adalah script.txt, gameva_variable.txt, strings.txt, dll
2. Grafik, sistem grafik di M&B memakai .brf dan .dds. Di sistem grafik ada berbagai bagian, yaitu mesh, collision, animation, dan material/texture.
Mesh adalah bentuk 3D yang sudah dibentuk dan diwarnai memeakai texture
Collision adalah kerangka bentuk 3D, biasanya jadi satu dengan mesh
Animation adalah kerangka manusia/kuda yang dapat bergerak, biasanya tdk memerlukan texture karena hanya kerangka saja
Material/Texture adalah sebuah 'kulit' dari mesh, tanpa texture mesh tidak akan berwarna, melainkan transparan.

Mod

Mod di M&B ada beberapa jenis, seperti Large (mod besar untuk bermain), Gameplay Mechanic (mod untuk sistem, biasanya untuk modder/editor), dan Multiplayer (hanya untuk warband). Mod-mod M&B maupun warband bisa dicari di MB Repository dan ModDB.

Cara untuk memasang mod juga sangat mudah, hanya tinggal kopas mod ke folder Modules. Cara memainkannya tinggal memilih mod yang sudah dipasang di pilihan Current Module pada saat membuka game.



Bagi yang ingin bermain tanpa register, silahkan buka DISINI

Cara mengaktifkan memakai serial key :

1. Cara aktivasi otomatis
- Saat ngebuka game pertama kali, nanti muncul suruhan utk masukin license code/serial key yg di youtube tadi (ada 3 serial key, mendingan coba satu2). Pencet aja
- Kopas serial key yg ada dan aktifin tuh (internet dipastikan harus aktif)
- Kalo cara 1 ga bisa bisa pake cara 2

2. Cara aktivasi manual
- Cara hampir sama sprti cara 1
- Klik tombol manual activation
- Nanti akan ada kode yg digitnya sedikit dan website khusus untuk mengganti tuh kode jadi kode asli (kode asli yg harus dimasukin jumlahnya lbh banyak)
- Buka tuh website n kopas serial key yg di youtube tadi (ada 3 serial key, mendingan coba satu2). Klik
- Nanti di website itu akan ngeluarin serial key khusus, kayak serial key generator
- Balik ke MnB yg manual activation, paste key khusus tadi (bkn yg di yutub)
- Main!

INGAT!! Serial key diatas disarankan untuk versi 1.011!! (tapi mungkin bisa di versi lain) Ini juga ga bisa baut warband

Note : Kalo misal serial key yg diberikan gak bisa, coba cari di sumber lain ;)

21 komentar:

  1. gan gua nyari serial key susah uy .. ada yg tau ga ?

    BalasHapus
  2. ada,liat aja di youtube,tapi ane udah lupa

    BalasHapus
  3. gan tolongin ane donk ,, ane bru masang update version 1.157 m&b warband trus kok muncul tab activation ,, udah nyoba semua serial yg berhamburan d youtube .. tetap ajah gk bisa .. gmna nih solusinya ?? mohon pencerahanya agan ,, thx

    BalasHapus
  4. ;Gue juga lagi gan serial yang benernya yang mana soalnya serial yang muncul itu pada gabisa, tolong2 solusinyaaaaaaa

    BalasHapus
  5. pengalaman yg udah 3 thn bergelut dengan yg namanya M&B
    Coba agan2 Cari Yang skidrow
    Biasanya didownload via torent . kalo yg tidak full version itu Hanya sampai Lvl.10 tanpa bisa cheat Etc.

    BalasHapus
  6. Gan .. Ane nyerah nyari di beberapa Website and blog al-hasil gk ada yang bisa Number seriesnya.. ampun daaah ya tuhan ni game cari serialnya susah bgt. tolong mohon bantuannya sesama gamers

    BalasHapus
  7. Daripada serial key, mending crack kan?

    BalasHapus
  8. gan, gimana sih caranya biar desa/kota itu income perminggunya bisa naik lebih dari 2000/minggu...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cheat aja.. sebelum main buka configure enable cheat, terus main buka inventori pencet CTRL + X nanti dapat uang banyak
      pencet terus menerus

      Hapus
  9. gan maen LAN yang gampang gimana caranya?

    BalasHapus
  10. gan tau g download m&b versi 1.157 dimana soal na w puny versi paling lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. update patch aja ke v1.164.. buka forum m&b terus cari yg v1.164 download dannnn jadiiii dehh

      Hapus
  11. Ada yang tau ga cara gabungkan 2 moDd yang berbeda, misal mod A Clash of King digabung dengan mod Lord of The Ring. Bukan digabung secara keseluruhan, tapi hanya item armor & pedang saja. Kira2 bisa ga? #Mohon bimbingannya

    BalasHapus
  12. Guidenya dong kak cara merebut kerajaan.

    BalasHapus
  13. Kalau NPC yang kita hired dijadiin tawanan sama musuh ? cara ngambilnya lagi gimana ? apa harus cari di bar yang sama ? atau dimana ? sedih nih udah kerasa kaya tim sendiri ...

    BalasHapus
  14. gan kan cari kodenya susah
    gimana cara cracknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://thepiratebay.org/torrent/5473160/Mount.and.Blade.Warband-SKIDROW-[tracker.BTARENA.org]

      Hapus
  15. Main M&B warband lancar" aja tuh... Kalau mod belum nyoba, tapi lama kelamaan bosen pengen jadi punya kerajaan sendiri tapi sulitnya minta ampun... Pake cheat jadi tambah bosen lagi... Soalnya semua jadi mudah dari awal...

    BalasHapus
  16. gan game itu kan bhs inggris kalau mod agar bahasanya jadi indonesia ada gan ? mohon petunjuk

    BalasHapus